SEJARAH INTERNET OK! :D

Sejarah Internet

Questions:

1.Apa yg dimaksud dgn DARPA?

2.Kepanjangan dri ARPANET + kapan terbentuknya?

3.Apakah yg disebut MILNET + apa fungsinya?

4.Apakah yg dimaksud NSFNET + apa fungsinya ?

5.Apa yang dumaksud WAN , MAN , LAN ?

 

Answers :

1.DARPA

Defense Advanced Research Projects Administration (DARPA) Net ,Versi pertama dari sebuah jaringan berbasis IP ini didanai oleh Departemen Pertahanan AS pada tahun 1969 sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan kontraktor pertahanan dan universitas melakukan penelitian militer.

2.ARPANET

ARPA (Advanced Research Projects Agency) ,Pada tahun 1957 dibentuk Dephan AS (DoD = Departement of Defense)

3.MILNET

MILNET (Jaringan Militer) adalah nama yang diberikan ke bagian dari internetwork ARPANET yang ditujukanuntuk unclassified Amerika Serikat Departemen Pertahanan lalu lintas.MILNET adalah memisahkan diri dari ARPANET pada tahun 1983: ARPANET tetap dalam pelayanan bagi masyarakat penelitian akademik, tetapi konektivitas langsung antara jaringan terputus karena alasan keamanan.

4.NSFNET

National Science Foundation Network (NSFNET) adalah sebuah program yang terkoordinasi, proyek

berkembang disponsori oleh National Science Foundation (NSF) mulai tahun 1985 untuk mempromosikan penelitian lanjutan dan jaringan pendidikan di Amerika Serikat . NSFNET juga nama

yang diberikan kepada beberapa jaringan backbone nasional yang dibangun untuk mendukung inisiatif

jaringan NSF 1985-1995. Awalnya diciptakan untuk menghubungkan peneliti untuk didanai NSF bangsapusat superkomputer, melalui pendanaan publik lebih lanjut dan kemitraan industri swasta berkembang menjadi bagian utama dari tulang punggung internet.

5.(WAN , MAN , LAN)                                                           WAN.

Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

MAN.

Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

LAN.

Jaringan wilayah lokal (bahasa inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

 

 

About yogadinata

Dunia Terasa Indahnya........

Posted on January 16, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: